HOME Developing Film BW starter kit. Hue he he >>> shade photography

Developing Film BW starter kit. Hue he he

Tuesday, January 19, 2010

Yaa memang untuk memulai mencuci film BW sendiri kelihatannya susah, berurusan dengan kimia, dan berkesan mahal. Sebenarnya tidak juga. Jika dibandingkan dengan harga kamera rangefinder atau SLR analog biar bekas sekalipun, jauh lebih murah. Dan anda akan mendapat keasikan dalam mencuci film, tidak hanya memotret saja. Salah satu keunggulan dalam mencuci sendiri adalah anda tidak perlu nunggu sampai rol habis, tinggal potong dan cuci. Sisa potongan filmnya bisa buat motret lagi. Minimal cucianku Cuma 3 frame.

Berikut ini kufotokan peralatanku, sesimple simplenya.
Yang jelas harus dibeli, development tank, mau gimana lagi, pernah mau ngembangin sendiri alatnya, Cuma ribet dan riskan, jelas riskan karena ini memang media pencuci film dimana tidak boleh ada cahaya di dalam.


Charging bag. Aku ngaa punya, intinya digunakan untuk mamasukkan film dalam film reel developing tank dalam kondisi gelap gulita. Bisa saja anda masuk dalam kamar dan matikan semua lampu lalu sembunyi didalam selimut. Cuma cara ini ngaa praktis juga. ahirnya aku ngembangin sendiri dengan menggunakan kantong plastik yang dibelah ditengah lalu ditutup jaket ( thank atas ide bro irchan ) selama aku mencuci film tidak pernah filmku terbakar karena metode ini, biarpun aku melakukannya di siang hari dengan sinar matahari masuk lewat jendela. Aman aman saja.

Cara pakainya begini yaakantong dibelah ditengah agar bisa dimasukin develop tank dan film pembuka botol dan gunting. pada bagian ujung disobek sedikit dua buah agar tangan kanan dan tangan kiri masuk.
jaket jelek yg ngaa kepakai, kalo bisa jaket kulit/ imitasi, kalo ngaa ada jaket kain yg aga tebel juga bisa. aku cuma memakai jaket kain saja. jaket ini gunanya agar mencepit lengan kita saat kita meroll film kedalam film reel dan memasukkan ke dev tank. jadi yang utama adalah kantung plastiknya harus cukup tebel jadi cahaya ngaa bisa masuk. tangan kita dimasukkan kedalam lubang di pojok kiri kanan. karena plastik tidak bisa menseal lubang dengan baik. maka dibungkus dengan jaket yang lengan bagian depan ada elastic nya.elastik ditambah panjangnya lengan jaket membuat sangat kuat sealnya.
kantung yang di belah ditengah dibalikkan menghadap lantai, plus retsleting jaket juga membantu.
sudah cuma itu saja. kalau masih ngaa mau ribet yaa sembunyi di bawah selimut malam malam dan lampu dimatikan, bisa juga pertamakali nyuci caranya juga seperti itu.

Gunting dan bukaan botol

Botol aqua 330ml
Botol aqua 330ml minim 1 botol , he he he thanks bro thinker atas idenya. Kenapa dipilih botol 330ml karena jika digabung menjadi 3 kan 990ml. cuma kurang 10 ml dari 1 liter. jika diisi sampai full maka sudah lebih dikit dari 1 liter.
Dan kebutuhan dari develop tank untuk satu roll adalah sekitar 300ml, larutan dalam 1 botol aqua 330 ml tinggal dituang sampai habis, ngaa perlu nakar lagi .

Ember dan corong

Jam buat liat waktu, bagus kalo ada stopwatch, kalo ngaa ada pake semua jam bisa selama hapal menitnya.

Untuk untuk membuat chemicalnya, siapin air hangat 2 botol, masuk kan ke ember, aduk bahan micro MF nya diember sampai larut lalu dimasukin air dingin 1 botol , aduk , dinginkan lalu dimasukin ke botol lagi pake corong, simple kan. sama juga dengan acifix buat fixernya
Berarti anda membutuhkan 12 botol kecil. 3 untuk menyimpan micro MF, 3 untuk acifix dan 3 lagi untuk stop bath( buatnya cuma air plus cuka aja). Tapi jika ngaa punya yaa pake semua botol untuk penyimpanan bisa sih selama 1 liter keatas. Tapi minim 1 botol 330ml untuk menakar.

Untuk thermometer dan gelas ukur aku juga punya. Cuma sekarang sudah ngaa pernah dipake. Kurang praktis. Bisanya aku develop selama 4 sd 5 menit pada suhu kamar. dikamarku suhu air sekitar 27-30 derajat. Memang hasilnya tidak akan sebagus yang menggunakan metode 20 derajat 10 menit. Tapi untuk dapat suhu segitu berarti larutannya harus masuk kulkas atau didinginkan dulu di es. Dan prosesnya harus menggunakan water jacket segala. Walah ngaa sabar…..

Yang jelas metode saya ini metode asal saja. Jadi kualitasnya kalah dengan metode yang lebih presisi. Tapi daripada lama menunggu nabung buat beli charging bag dan kulkas khusus buat simpan chemical dan lain lain dan lain lain. Yg membuat kita malah ngaa jadi2 nyuci sendiri. Mendingan gini kan.

kalo masalah tehnik cuci filmnya cari aja dan diskusikan disini

0 comments: